Statistik Pengunjung

  • Pengunjung: 81159
  • Online: 1
  • Hari ini: 104

Bimbingan Teknis Adiwiyata

BERITA – Minggu, 14 Apr 2013 22:29 WIB

Bantul, Kamis 11 April 2013 Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bantul, Bidang Penaatan Hukum dan Pengembangan Kapasitas mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) Penyusunan Kajian Lingkungan di gedung serba guna Bantul Terace.  Penyusunan kajian lingkungan merupakan salah satu parameter penilaian sekolah Adiwiyata. Sekolah Adiwiyata merupakan program yang bertujuan untuk mewujudkan warga sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Bimtek ini ditujukan untuk sekolah-sekolah potensial adiwiyata atau sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan di Kabupaten Bantul. Sebanyak 30 orang perwakilan dari 15 sekolah yang akan dilakukan verifikasi sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten, propinsi, nasional dan Adiwiyata Mandiri menghadiri Bimtek penyusunan kajian lingkungan. Sebagai narasumber dalam acara tersebut, bapak Satino , S.Si., Msi dari tim Adiwiyata Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara tersebut terdiri dari 3 (tiga) sesi, meliputi sesi pemaparan materi, pembimbingan penyusunan kajian lingkungan dan diskusi. Berdasarkan materi yang di paparkan bapak Satino, dokumen kajian lingkungan terdiri atas analisa situasi lingkungan sekolah, identifikasi permasalahan yang ada dan rencana aksi atas permasalahan yang ada dimasing-masing lingkungan sekolah.

Pada acara tersebut terlihat bahwa tiap sekolah telah melakukan aksi terhadap masalah-masalah lingkungan akan tetapi belum terdokumentasikan semua format pedoman sekolah Adiwiyata. Dengan kegiatan ini diharapkan nantinya para peserta dapat menyusun kajian lingkungan disekolahnya masing-masing secara benar dan tepat.